Perumda TRS Siapkan Strategi Penuhi Kebutuhan Air Kawasan Industri

SUBANG – PDAM Tirta Rangga Subang terus menunjukkan komitmennya dalam menjaga pasokan air bersih yang andal dan berkualitas. Pasokan air bersih menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat dan industri, khususnya dalam menghadapi tantangan pertumbuhan pesat.

Melalui upaya sinergi dengan kawasan industri, PDAM Subang telah menjalin kerjasama strategis yang kian meningkat dengan berbagai industri di kabupaten Subang.

Dalam upaya menjawab kebutuhan akan pasokan air, PDAM Subang telah menyiapkan kapasitas terpasang mencapai 650 liter per detik. Dari angka ini, sebanyak 550 LPS (Liter per sekon) berhasil diwujudkan sebagai produksi, dengan penjualan sekitar 450 LPS.

Kondisi ini telah memberikan jaminan yang cukup baik bagi masyarakat Kabupaten Subang. Menurut Direktur Bidang Teknik PDAM Tirta Rangga Subang, Nindya Nazara, “Dari kapasitas terpasang dan realisasi produksi tersebut, saat ini 25 kecamatan dari total 30 kecamatan di Kabupaten Subang telah mendapatkan pasokan air yang cukup memadai.”

Keberlangsungan PDAM Subang tidak hanya terbatas pada pelayanan rumah tangga. PDAM TRS juga melayani kebutuhan masyarakat secara holistik dan menjalankan fungsi penting dalam mendukung sektor industri di wilayah Kabupaten Subang.

Ada 13 industri yang telah menjadi mitra dengan PDAM . Beberapa diantaranya adalah PT. Tirta Investama Aqua Subang, PT. Taekwang, dan 11 industri lainnya. Melalui kemitraan dengan 13 industri ini, sebanyak 25% anggaran PDAM TRS terpenuhi.

Namun, PDAM Subang tidak berhenti pada pencapaian saat ini. Kabupaten Subang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi kawasan metropolitan yang semakin berkembang di kawasan Rebana, peranan PDAM sebagai sumber pasokan air akan semakin dibutuhkan seiring dengan pertumbuhan Industri di kabupaten Subang.

Upaya untuk menjadikan wilayah ini sebagai pusat pertumbuhan kian nyata dengan rencana pengembangan Kawasan Industri Terpadu (KIT). Menurut rencana, sebanyak 6 KIT akan berlangganan dengan PDAM Subang. Pelabuhan Patimban, Surya Cipta, RNI, PTPN 8, Kawasan Taifa, dan UPI.

Dengan adanya kemitraan ini, PDAM Subang turut berperan dalam mendukung visi Kabupaten Subang sebagai pusat industri yang berkelanjutan di kawasan Rebana.

Kerjasama erat antara PDAM Subang dan sektor industri menegaskan pentingnya kolaborasi lintas sektor di era pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat, guna saling melengkapi kebutuhan di era pertumbuhan Subang yang berkelanjutan.

Dengan komitmen bersama dan kesadaran akan pentingnya sumber daya air yang berkelanjutan, PDAM TRS tengah mempersiapkan program-program sebagai bentuk upaya dalam mempersiapkan Subang Smartpolitan.

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *