DWP Kabupaten Subang Gelar Pelatihan Ecoprint dalam Rangka Rangkaian HUT DWP Ke-24

Dalam upaya mengembangkan ide usaha yang kreatif dan inovatif, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Subang telah menyelenggarakan pelatihan ecoprint di Aula Rumah Dinas Bupati Subang pada Selasa, (24/10/2023).

Acara ini juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-24 Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Subang.

Ecoprinting merupakan teknik cetak dengan pewarnaan kain alami yang relatif sederhana namun mampu menghasilkan motif yang unik dan otentik.

Prinsip utamanya adalah mencetak langsung dengan menggunakan daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang mengandung pigmen warna atau tanin pada media kain tertentu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ide usaha yang kreatif dan inovatif bagi anggota DWP Kabupaten Subang, menuju upaya untuk membuat Subang menjadi “Jawara”.

Acara ini dihadiri langsung oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Hj. Siti Nuraeni Nuroni, serta seluruh pengurus DWP Kabupaten Subang dan DWP OPD serta kecamatan.

Ketua DWP Kabupaten Subang, Hj. Siti Nuraeni Nuroni, menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi sekaligus meningkatkan keterampilan pengurus dan anggota DWP.

Ia juga menuturkan harapannya terkait dengan pelatihan ecoprint yang disampaikan oleh Nani Syazana, agar dapat memberikan tambahan pengetahuan serta keterampilan kepada anggota.

“Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ecoprint ini, anggota dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya. Ini juga merupakan bagian dari program prioritas bidang pendidikan dan ekonomi DWP Kabupaten Subang. Lebih baik lagi jika pengetahuan ini bisa dipraktikkan di rumah, diproduksi dalam jumlah yang banyak, sehingga bisa menambah pemasukan keuangan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada penasehat DWP Kabupaten Subang, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, yang selalu mendukung semua kegiatan yang diadakan oleh DWP.

Sementara itu, penasehat DWP Kabupaten Subang, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, berharap agar seluruh pengurus DWP tertarik dengan pelatihan ecoprint ini. Menurutnya, jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, usaha ini memiliki potensi yang menjanjikan.

“Secara pribadi, saya ingin mencoba ecoprint ini. Kalau kita lakukan secara serius, usaha ini sangat menjanjikan, baik dari segi pemasaran maupun segi ekonomi,” ujarnya.

Kegiatan pun dilanjutkan dengan pelatihan ecoprint yang dipimpin langsung oleh pemilik Syazana Craft Ecoprint, Nani Syazana. (clue)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *