HUT Otonomi Khusus Papua ke-22 Mengusung Tema ‘Spirit Of Papua’

PAPUA – Sorong menjadi tempat berlangsungnya perayaan Hari Ulang Tahun ke-22 Otonomi Khusus Papua. Bertempat di lapangan apel Kantor Walikota Sorong, Kelurahan Remu Utara, Distrik Sorong Kota, Papua Barat Daya, acara berlangsung pada Rabu (22/11/2023) dengan tema “Papua Festival 2023 Spirit Of Otsus.”

Menteri Dalam Negeri RI, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, membuka secara simbolis perayaan tersebut dengan peniupan “Triton,” didampingi oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya, Dr. Muhammad Musa’ad, Drs., M.Si., dan sejumlah pejabat TNI-Polri serta Forkopimda.

Dalam sambutannya, Menteri Tito Karnavian menekankan bahwa lebih dari dua dekade berlalu sejak dimulainya Otonomi Khusus Papua.

Otsus telah melahirkan generasi muda dan pemimpin yang kompeten, memberikan terobosan serta gagasan baru dalam mengembangkan wilayah Papua.

Hari Otsus Papua bukan hanya sebagai ajang perayaan semata, tetapi juga untuk mengingatkan masyarakat Papua akan pemberian status Otsus yang merupakan hasil perjuangan seluruh komponen rakyat demi kemerdekaan NKRI.

Pejabat Gubernur Papua Pegunungan, Velix Wanggai, mengapresiasi kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat dan para gubernur di Tanah Papua.

Ia menyatakan bahwa perayaan Otsus Papua tahun depan akan digelar di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi Papua Pegunungan dalam pembangunan.

Wanggai menegaskan bahwa Otonomi Khusus di Papua merupakan komitmen negara dalam mempercepat pembangunan, terutama di Papua Pegunungan yang dianggap sebagai jantung Tanah Papua. Ia berkomitmen untuk memfokuskan dan mengukur pembangunan dengan lebih baik dalam enam bulan ke depan.

Perayaan HUT ke-22 Otsus Papua menjadi momentum evaluasi atas 22 tahun penerapan Otsus, dengan upaya penataan, perubahan, dan percepatan pembangunan dari fondasi yang telah diletakkan dua dekade lalu.

“Spirit of Papua” yang diusung dalam tema perayaan ini seiring dengan pembaruan Undang-undang 2/2021 yang memperkuat pembangunan, OAP, dan komitmen redistribusi pemerataan pembangunan sejak tahun 2021.

Untuk diketahui perayaan ini dijadwalkan berlangsung selama lima hari, dimulai dari 22 hingga 26 November 2023 mendatang. (clue)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *