SUBANG – Sederet tragedi dan peristiwa penting di Subang telah terjadi di sepanjang tahun 2023. Mulai dari terkuaknya kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, hingga tragedi miras oplosan yang merenggut belasan nyawa warga Subang.

Cluetoday telah merangkum sejumlah kasus yang banyak menjadi perhatian publik selama tahun 2023.

Banjir Pantura

Sepanjang bulan Februari 2023, Subang kerap diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Subang wilayah pantai utara merupakan daerah langganan banjir setiap musim penghujan tiba. Pamanukan menjadi kecamatan yang selalu dilanda banjir setiap tahunnya.

Diketahui ribuan rumah telah terendam karena meluapnya 3 daerah aliran sungai di Subang. Kerugian yang disebabkan banjir di Pamanukan ditaksir mencapai Rp120 juta.

Ibu Hamil Meninggal di RSUD

Memasuki bulan Maret, terjadi sebuah peristiwa yang cukup mengiris hati banyak Perempuan. Seorang ibu hamil asal Tanjung Siang harus menghembuskan nafas terakhir bersama dengan sang buah hatinya.

Kurnaesih (39) dan bayi dalam kandungannya meninggal diperjalanan menuju Bandung, setelah mendapat penolakan dari RSUD Ciereng Subang.

Subang Investment Summit 2023

Sebanyak 22 perusahaan telah mengukuhkan kerja sama dengan BUMD Subang dalam Subang Investment Summit (SIS) 2023. Acara tersebut digelar oleh Clue Academy pada 30 Agustus 2023 di Fave Hotel Subang.

Dihadiri oleh Saniaga Uno dan ekonom nasional Faisal Basri, keberhasilan kerja sama BUMD dengan puluhan Perusahaan tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi.

Kasus Rauf, Anak 13 Tahun Yang Tewas Ditangan Keluarganya

Memasuki bulan Oktober, warga Subang dikagetkan dengan kasus yang menyayat hati. Seorang anak 13 tahun Bernama Muhammad Rauf tewas ditangan ibu kandungnya sendiri. Jasadnya ditemukan dalam kondisi terikat di saluran irigasi, Anjatan, Indramayu pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Serangkaian penyelidikan mengungkap bahwa Rauf, seorang anak yang hidup tanpa kasih sayang tersebut tewas ditangan keluarganya yaitu kakek, paman dan ibu kandungnya sendiri.

Terkuaknya kasus Pembunuhan Ibu dan Anak Jalancagak

Kasus yang mangkrak selama dua tahun tersebut akhirnya terkuak. Selama 2 tahun, sejak ditemukannya jasad Ibu dan anak pada 18 Agustus 2021 silam tersebut, begitu menyita perhatian seluruh masyarakat Indonesia hingga menjadi highlight di berbagai awak media.

Drama kasus pembunuhan tersebut akhirnya terungkap melalui pengakuan Muhammad Ramdanu (Danu) yang mengajukan diri sebagai Justice Collaborator untuk mengungkap kasus.

Kasus yang menewaskan Tuti Suhartini dan Amelia Mustika Ratu tersebut bermuara dari permasalahan uang. Peristiwa pembunuhan yang terus menjadi teka – teki selama 2 tahun tersebut akhirnya menetapkan Yosef sebagai pelaku utama pembunuhan.

Yosef yang merupakan suami dari Tuti dan Ayah kandung Amelia tersebut sudah dicurigai publik selama 2 tahun, hingga akhirnya kecurigaan publik terjawab pada pertengahan Oktober tahun 2023.

Miras Oplosan Renggut Belasan Nyawa

Diskusi publik “Subang Darurat Miras” digelar atas keresahan sebuah peristiwa yang menyita perhatian publik. Subang dihebohkan dengan tewasnya belasan orang karena intoksikasi alkohol pada (29/10/2023). Pesta miras yang diikuti oleh sejumlah orang di Kecamatan Jalancagak, Sagalaherang, dan Kasomalang tersebut menelan belasan korban.

Korban meninggal yang mayoritas remaja tersebut harus menghadapi maut karena miras oplosan yang diproduksi oleh sepasang suami istri NN dan RH. Pelaku berhasil ditangkap dalam kurun waktu yang singkat dan dijerat dengan hukuman maksimal 15 tahun.

Peresmian Alun – alun

Mengambil nafas dari Oktober yang mencekam bagi Masyarakat Subang, pada bulan November, Alun – alun Subang berhasil diresmikan. Dihadiri oleh mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, alun – alun Subang memiliki wajah baru. Peresmian tersebut dilaksanakan pada (28/11/2023) dan dihadiri oleh sejumlah pejabat.

Penganiayaan Siswa SMK di Cipunagara

Sebuah postingan dari Facebook dengan akun Riia Elsyam berhasil viral di media sosial. Pasalnya akun tersebut mengungkap sebuah peristiwa penganiayaan adiknya, seorang siswa SMK yang dianiaya oleh seorang oknum polisi di wilayah Cipunagara.

Siswa SMK tersebut ditemukan tergeletak dipinggir sawah dengan kondisi mengenaskan dan nyawanya tak dapat ditolong. kasus tersebut terjadi pada 3 Desember 2023 dan tak menunggu waktu lama untuk membekuk pelaku. Tiga hari setelah ditemukannya korban, polisi mengamankan pelaku berinisial W sebagai tersangka.

Purna Tugas Ruhimat

Bupati Subang, Haji Ruhimat telah berhasil melaksanakan tugasnya memimpin Subang selama periode kepemimpinan 2018 – 2023. Ruhimat yang kerap disapa Kang Jimat telah melewati berbagai tantangan selama periode kepemimpinannya.

Kang Jimat berhasil melewati masa Covid dan berbagai permasalahan pelik selama masa kepemimpinannya. Bertempat di GOR Gotong Royong, Kang Jimat melaksanakan purna tugas dalam acara “Malam Apresiasi JAWARA”.

Pengangkatan Pj Bupati Subang

Digelarnya purna tugas Ruhimat menandai berakhirnya masa jabatannya sebagai bupati Subang. Penjabat Gubernur Bey Machmudin langsung melantik Dr. Imran sebagai Pj bupati Subang.

Pj Walikota Lhokseumawe tersebut resmi memimpin Subang sejak ditetapkan melalui Surat Keputusan Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-6591 Tahun 2023 di Gedung Sate Bandung.

Persikas Runner Up Liga 3 Seri 1

Penghujung tahun 2023, Kabupaten Subang ditutup dengan kabar Bahagia dari dunia sepak bola. Persikas Subang sebagai tim sepak bola yang mewakili Kabupaten Subang di Liga 3 Seri 1 berhasil menduduki peringkat Runner Up.

Pertandingan yang dilaksanakan di Stadion Singaperbangsa Karawang tersebut telah mempertemukan Persikas Subang dan Persipasi Bekasi pada 30 Desember 2023. Persikas yang telah berpuasa selama lebih dari 20 tahun berhasil membangunkan “Singa Subang” dipenghujung tahun 2023. (clue)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *