Timnas Berhasil Imbangi Arab Saudi di Laga Kualifikasi Piala Dunia

SUBANG – Pertandingan antara Timnas Indonesia dan Arab Saudi berakhir dengan skor 1-1. Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, pada Jumat dini hari (6/9/2024) menjadi saksi perjuangan skuad Shin Tae Yong.

Timnas Indonesia, yang dikenal dengan julukan Garuda, menurunkan beberapa pemain terbaiknya. Beberapa pemain yang diturunkan termasuk Maarten Paes, Rizky Ridho, Jay Idzes, Sandy Walsh, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Calvin Verdonk, Witan Sulaeman, Rafael Struick, dan Ragnar Oratmangoen.

Selanjutnya Timnas Indonesia pun berhasil meraih hasil imbang melawan tuan rumah Arab Saudi dalam pertandingan pertama Grup C pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dengan babak pertama diwarnai dengan dua gol, di mana Ragnar Oratmangoen memberikan keunggulan untuk Skuad Garuda pada menit ke-19, sebelum Musab Al-Juwayr menyamakan kedudukan pada menit ke-42.

Selain itu, Arab Saudi pun tetap mendominasi penguasaan bola pada babak kedua, dengan skema permainan yang lebih teratur dibandingkan babak pertama. Dengan menurunkan striker andalannya, Salem Al Dawsari, yang berperan sebagai kapten tim.

Timnas Indonesia juga menerapkan formasi 5-4-1 melawan Arab Saudi, seperti yang digunakan pada babak pertama. Pertahanan yang teratur dari Timnas Indonesia, yang dipimpin oleh Jay Idzes, akhirnya berhasil menahan dominasi penguasaan bola Arab Saudi dan mencegah mereka menembus lini belakang.

Sementara di awal babak kedua, lini belakang Indonesia tampak kehilangan konsentrasi, sementara Arab Saudi semakin percaya diri dalam serangan mereka. Situasi ini dimanfaatkan oleh pemain pengganti Abdulrahman Ghareeb yang melepaskan tendangan kaki kiri pada menit ke-48, namun bola masih melenceng dari gawang Paes.

Namun, secara statistik, Arab Saudi unggul dalam penguasaan bola dibandingkan Timnas Indonesia. Green Falcon menguasai 65,8 persen bola, sedangkan Skuad Garuda hanya 34,2 persen. Selain itu, dalam hal agresivitas serangan, Arab Saudi juga mendominasi dengan melakukan 18 tembakan, 4 di antaranya tepat sasaran. Sementara itu, Indonesia melakukan 7 tembakan, dengan 2 di antaranya mengenai target.

Permainan Timnas Indonesia pun menjadi lebih hidup berkat kontribusi Tom Haye yang berhasil mengirimkan bola-bola berbahaya ke depan. Selain itu, trio lini depan Timnas Indonesia—Witan Sulaeman, Ragnar Oratmangoen, dan Rafael Struick—tampil dengan agresif.

Pada akhirnya, hasil akhir pertandingan Timnas Indonesia melawan Arab Saudi pada Jumat dini hari menunjukkan bahwa kedua tim kini berada di peringkat tiga dan empat klasemen Grup C, masing-masing dengan satu poin 1-1.(Clue)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *