Pilkada Jabar, Ilham Habibie Bawa Misi Tingkatkan Kualitas UMKM

Subang–Calon Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ilham Habibie, membawa misi peningkatan kualitas UMKM Jawa Barat. Ilham yang berpasangan dengan Calon Gubernur, Ahmad Syaikhu itu, UMKM Jabar harus meningkatkan kapasitasnya untuk bersaing di pasar global. 

Hal itu disampaikan Ilham Habibie dalam kampanye-nya di Tambakmekar, Subang, pada Kamis (17/10/24). Menurutnya, inovasi UMKM penting dilakukan. Utamanya dalam penggunaan teknologi pemasaran daring (online). Jika terpilih nanti, Dia menyebut akan memberikan program pelatihan UMKM. 

“Pelatihan bagaimana mereka, caranya menggunakan online untuk menjual atau untuk bertransaksi juga bagaimana dengan pemasaran pada umumnya,” ucap Ilham usai mengunjungi UMKM. 

Tak hanya soal pelatihan, menurutnya UMKM di Jabar sering menghadapi kesulitan permodalan. Dirinya akan memberikan bantuan permodalan tanpan agunan untuk para UMKM. 

Ilham yang diusung PKS, Partai NasDem, dan PPP, menurutnya keberadaan UMKM sangat penting dalam menopang perekonomian Jawa Barat. Sehingga, aspek pelatihan dan pemasaran, bantuan permodalan, penting diberikan untuk UMKM di Jawa Barat. 

“Saya kira dua hal itu sangat penting krusial untuk mendorong sektor UMKM. Dimana UMKM di Indonesia jadi tulang punggung daripada ekonomi kita,” jelasnya

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *