Subang Smartpolitan Sambut BYD Sebagai Tenant Terbesar Pertama Manufaktur Kendaraan Listrik

SUBANG – Subang Smartpolitan menyambut Build Your Dream (BYD) yang merupakan Perusahaan teknologi dan Electric Vehicle (EV) atau kendaraan listrik manufaktur, sebagai tenant terbarunya  pada Selasa, 30 April 2024.

Hal itu disampaikan oleh Abednego Purnomo selaku VP Sales, Marketing & Tenant Relations Subang Smartpolitan.

“Kami sangat senang menyambut BYD di Subang Smartpolitan. Kehadiran BYD di Subang Smartpolitan merupakan bukti nyata daya tarik kawasan kami sebagai pusat industri terdepan, khususnya dalam sektor otomotif. Selaras dengan visi utama perusahaan untuk Membangun Indonesia yang Lebih Baik, kami optimis bahwa capaian ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan transisi menuju energi bersih,” katanya.

Sebagai tenant terbesar, BYD akan menduduki lahan seluas 108 hektar untuk pembangunan pabriknya. Hal ini menandai pencapaian monumental bagi Subang Smartpolitan, terutama dalam penjualan lahan industri.

Investasi besar BYD di Subang Smartpolitan duharaokan menjadi katalis pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Indonesia. Pabrik EV ini tidak hanya akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru, tetapi juga meningkatkan transfer teknologi dan keahlian di bidang manufaktur EV.

Abednego yakin bahwa kehadiran BYD akan secara signifikan mendukung pengembangan industri EV di Indonesia.

“Lebih dari itu, kami optimis hal ini akan menarik investasi lebih lanjut ke Indonesia, membuka gerbang bagi lebih banyak perusahaan global untuk mendirikan basis manufaktur mereka di sini. Lalu hal ini juga berdampak positif bagi perusahaan rantai pasok yang sudah ada di Indonesia, dimana mereka dapat turun berpartisipasi dalam melengkapi rantai pasok BYD,” ujarnya.

Keoptimisan tersebut diperkuat oleh tingginya minat investor asing terhadap industri EV di Indonesia.

“Dapat kami sampaikan juga bahwa saat ini kami sedang menangani banyak inquiry dari industri terkait dan sebagian besar berasal dari negara Tiongkok. Ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap potensi besar industri EV di Indonesia,” terangnya.

Selain meningkatkan minat investor, BYD juga akan membentuk ekosistem EV yang komprehensif dengan membangun pusat penelitian dan pengembangan, serta fasilitas pelatihan yang dilengkapi teknologi terkini yang hemat dan ramah lingkungan.

BYD berencana melakukan operasi konstruksi bertahap dan diharapkan mulai beroperasi pada Januari 2026.

“Melalui berbagai penilaian, BYD telah menetapkan bahwa kawasan industri Subang Smartpolitan cocok menjadi lokasi pengembangan industri EV BYD di Indonesia. Kawasan industri ini memenuhi kriteria kami dari segi ukuran, jarak, lingkungan, dan kebutuhan infrastruktur, sehingga kami yakin fasilitas yang akan dibangun ini akan mampu mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia dan transisi menuju energi bersih serta turut mendukung perekonomian, terutama di wilayah sekitar,” ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.

BYD akan mendirikan pabriknya di area Fase 2 Subang Smartpolitan, tepatnya di bagian utara kawasan. Lokasi strategis menjadi alasan BYD memilih Subang Smartpolitan sebagai destinasi investasi. Seperti Jalan Tol Akses Patimban yang terhubung langsung dengan Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, dan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ke Ibu Kota Jakarta, Bandung dan kota-kota lain di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Kedatangan BYD di Subang Smartpolitan menandakan komitmen bersama untuk inovasi, mendorong keberlanjutan, dan pertumbuhan ekonomi, Subang Smartpolitan dan BYD siap untuk memimpin transisi menuju masa depan yang lebih cerdas dan berkelanjutan.(clue)

By Redaksi

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *